SERAH TERIMA JABATAN LURAH DAN SEKRETARIS LURAH PURBALINGGA LOR

Kelurahan Purbalingga Lor menggelar Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) dari Lurah Lama Bapak Junus Wahiddiyantoro, S.IP kepada Lurah Baru Bapak Fatah Sukri, S.Sos, Sekretaris Lurah Lama Bapak Suwartono, SH kepada Ibu Warih Kusuma Setia Lestari, S.IP bertempat di Aula Kelurahan Purbalingga Lor, Selasa 6 Agustus 2019.

Acara yang berlangsung pada pukl 19.30 WIB tersebut dihadiri oleh Camat Purbalingga, BABINSA, BABINKAMTIBMAS, LKMK, BKM, TP PKK Kelurahan, Ketua RW, Ketua RT, Ketua Kelompok PKK RW, Kelompok PKK RT dan Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama.

Lurah Lama Bapak Junus Wahiddiyantoro,S.IP menyampaikan “Semoga Pejabat yang baru yaitu Lurah dan Sekretaris Lurah, dapat menjalankan amanah yang telah diberikan, kedepannya tugas lama yang kami tinggalkan bisa dilanjutkan atau bahkan lebih baik. Mohon doa dan dukunganya agar kami bisa menjalankan tugas baru dengan penuh tanggungjawab.”

Lurah Baru Bapak Fatah Sukri, S.Sos dalam sambutanya “Semoga kami bisa menjalankan tugas dengan baik, dapat memberikan pelayanan yang baik juga bagi masyarakat dan kegiatan yang belum terealisasi oleh Lurah yang sebelumnya akan ditindaklanjuti. Harapanya teman-teman ASN Kelurahan Purbalingga Lor untuk membantu dan bekerjasama, agar dapat melaksanakan apa yang diamanahkan sesuai harapan dan tujuan.”

Suasana haru dan kekeluargaan sangat terasa ketika Pejabat Lama dan Pejabat Baru menyampaikan sambutannya berupa pesan, kesan dan harapannya selama bertugas dan yang akan mengemban tugas baru.

Perlu diketahui Lurah Lama Bapak Junus Wahiddiyantoro, S.IP menduduki jabatan baru sebagai Kepala Bidang Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Purbalingga dan Sekretaris Lurah Lama Bapak Suwartono, SH menduduki jabatan baru sebagai Lurah Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga.

SILATURAHMI DAN LOMBA TUMPENG KELURAHAN PURBALINGGA LOR

Dalam rangka mempererat tali Silaturahmi antara Pemerintah Kelurahan dan Warga Masyarakat, maka Pemerintah Kelurahan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan Purbalingga Lor mengadakan kegiatan Silaturahmi.

Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 2 Juli 2019 yang dihadiri oleh Pengurus LKMK, BKM, TP PKK, Ketua RW, Ketua RT, Ketua Kelompok PKK RW, Ketua Kelompok PKK RT, Dasawisma dan Tokoh Masyarakat dengan materi Hikmah Silaturahmi yang disampaikan oleh Ibu Hj. Nurul Hidayah Supriyati, SH, MSi

Disamping kegiatan Silaturahmi, juga ada Kegiatan Lomba Tumpeng berdasarkan  Prioritas Program Kerja Tim Penggerak PKK Kelurahan Purbalingga Lor Bidang Pokja III yaitu Peningkatan Kualitas Pangan Keluarga Sehari-hari melalui Penganekaragaman Makanan dengan Pola B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). Lomba Tumpeng diikuti oleh 6 peserta yaitu dari Kelompok PKK RW 1, 2, 3, 4, 5, 6. Tim Juri terdiri dari Ny. Hj. Hery Purwianti,S.Sos, Ny. Rusmiyati,S.Farm.,Apt dan Ny. Yuli Astuti, Amd, Keb. Pemenang Lomba yaitu Tumpeng No. 1 dari RW I sebagai Juara I, Tumpeng No. 4 dari RW I sebagai Juara II, Tumpeng No. 3 dari RW III sebagai Juara III, Tumpeng No. 2 dari RW VI sebagai Juara Harapan I, Tumpeng No. 5 dari RW IV sebagai Juara Harapan II dan Tumpeng No. 6 dari RW II sebagai Juara Harapan III.

Tim Juri

Tumpeng Peserta No. 1

Tumpeng   2

Tumpeng 3

Tumpeng 4

Tumpeng 5

Tumpeng 6

Penampilan Group Qasidah An Nisa Purbalingga Lor

 

PEMBANGUNAN JALAN INSPEKSI KALI LARANGAN (PART II)

Pembangunan Jalan Inspeksi telah memasuki Tahap Ke-II. Rumah Warga RT. 001 & 004 RW. 003 di sepanjang bantaran yang langsung berbatasan dengan Kali Larangan mulai di bongkar. Volume rumah yang di bongkar yaitu Panjang = 200 m dan Lebar = 180 m.

Sebelumnya warga merasa keberatan dengan Program Pembangunan Jalan Inspeksi Kali Larangan ini, karena sebagian rumah warga memang langsung berbatasan dengan Kali Larangan. Namun dengan pendekatan dan Sosialisasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Purbalingga Lor akhirnya masyarakat merespon positif kegiatan tersebut.

STRATEGI PEMBERDAYAAN PGOT

Sebanyak 2 (dua) orang eks Pengemis Gelandangan  Orang Terlantar (PGOT) warga Kelurahan Purbalingga Lor, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Sumarni (RT. 03/04) dan  Radikin  (RT.03/03)  mendapat bantuan modal usaha dari DINSOSDALDUKKBP3A Kabupaten Purbalingga (8/5). Sebelumnya para eks PGOT telah mendapatkan bimbingan.

Bantuan yang diserahkan berupa 1 unit gerobak, 1 buah kompor gas, 1 buah gas LPG, 1 buah panci (dandang), 5 buah mangkok dan 5 buah sendok & garpu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Prioritas Penanganan Kemiskinan yang kini gencar dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Lurah Purbalingga Lor Junus Wahiddiyantoro,S.IP menyatakan “Semoga bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga bisa bermanfaat dan bisa membantu Usaha Kemandirian Ekonomi Produktif bagi para eks PGOT.”

RAPAT KONSULTASI TP PKK KELURAHAN PURBALINGGA LOR

Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kecamatan Purbalingga 21/3 lalu, ditindak lanjuti oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Purbalingga Lor (2/4).

Dalam sambutannya Ketua Panitia Rapat Konsultasi Ny. Hj. Sugiarti menyampaikan “Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Rakon ini adalah tersusunya Rencana Program Kerja PKK yang strategis dan bermanfaat sesuai dengan kondisi, potensi, kebutuhan dan permasalahan yang ada di wilayah Kelurahan Purbalingga Lor, terwujudnya sinergi diantara program-program PKK dengan program sektoral dari Kelurahan Purbalingga Lor untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas program”.

Ketua TP PKK Kelurahan Purbalingga Lor Ny. Ratna Junus Wahiddiyantoro dalam sambutannya ” Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kelurahan Purbalingga Lor Tahun 2019 merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai Evaluasi Program Kerja Tahun 2018 dan Penyusunan Program Kerja Tahun 2019″.

Rapat Konsultasi TP PKK Kelurahan Purbalingga Lor diikuti 156 Peserta yang terdiri dari 24 orang ibu Pengurus TP PKK, 6 orang Ketua Kelompok PKK RW, 24 orang Ketua Kelompok PKK RT dan 104 orang Ketua Dasawisma Kelurahan Purbalingga Lor, yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Purbalingga Lor.

Rapat Konsultasi yang bertujuan sebagai sarana evaluasi serta untuk menggali potensi, kebutuhan-kebutuhan permasalahan yang ada di wilayah sebagai bahan Penyusunan Program Kerja Tim Penggerak PKK Kelurahan Purbalingga Lor Tahun 2019 yang bermanfaat sesuai situasi dan kondisi di wilayah.

KAMPUNG “KEMBANG SAYANG” (SEASON 1)

Semangat warga Grumbul Sayangan RT. 01 & 02 RW. 02 Kelurahan Purbalingga Lor patut di acungi jempol.

Dengan dana swadaya Grumbul Sayangan mulai berbenah. Bantaran Sungai Larangan yang tadinya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah dan banyaknya rungkudan/semak-semak pohon membuatnya terkesan kumuh kini menjadi berwarna. Telah dibangun jalan inspeksi dan tembok tembok rumah warga di sepanjang Bantaran Sungai mulai dicat warna warni dan di lukis.

“Tadinya bantaran Sungai Larangan ini kotor, banyak sampah dan terdapat ular di semak-semak pohon, tapi sekarang sudah bersih, sudah tidak kotor lagi dan dilihat tidak risih”. Kata salah satu warga.

Lurah Purbalingga Lor menanggapinya “Alhamdulillah atas kesadaran masyarakat Sayangan RT. 01 & 02 RW. 02 Kelurahan Purbalingga Lor bisa berbenah tanpa harus mengandalkan program dari Pemerintah Kelurahan dan hal ini harus di apresiasi. Namun Pemerintah Kelurahan pun tidak serta merta berdiam diri, Kami Pemerintah Kelurahan pun akan ikut andil membantu kebutuhan yang diperlukan”. Kata Lurah Purbalingga Lor Bapak Junus Wahiddiyantoro,S.IP.

Tidak hanya warga Grumbul Sayangan saja yang sudah bergerak berbenah, warga Grumbul Kauman RT. 01 & 02 RW. 05 Kelurahan Purbalingga Lor pun sudah berinisiatif mengecat rumah dengan cat warna-warni dan pohon-pohon sepanjang jalan Ahmad Nur juga bersarung meniru Kearifan Lokal Bali.

Kunjungan kerja ke Bapak H. Ganjar Pranowo SH,M.IP Gubernur Jawa Tengah dan Study Banding ke Kampung Pelangi Semarang mulai terlihat membuahkan hasil.

SEMANGAT JUM’AT BERSIH KELURAHAN PURBALINGGA LOR

Sebagai tindak lanjut kebijakan Plt. Bupati Purbalingga dalam melaksanakan Gerakan Jum’at Bersih , ASN Kelurahan Purbalingga Lor menggelar kegiatan bersih-bersih lingkungan.

Kegiatan Jum’at bersih dipimpin langsung oleh Lurah Purbalingga Lor Bapak Junus Wahiddiyantoro,S.IP di sepanjang Jalan Mayjend D.I Panjaitan (1/2). “Kegiatan Jum’at Bersih dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Masyarakat perlu diberi contoh oleh pemimpinnya dalam menjaga kebersihan lingkungan”. Ujarnya.

Gerakan Jum’at bersih dilaksanakan setiap  Jum’at minggu pertama setiap bulannya sesuai Surat Edaran  Plt Bupati Purbalingga tanggal 27 Februari 2019 Nomor 660/1823 perihal Gerakan Jum’at Bersih.

SOSIALISASI PEMILU KELURAHAN PURBALINGGA LOR

Pada tanggal 17 April 2019 akan dilaksanakan Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden & Wakil Presiden serentak di seluruh Indonesia. Rangkaian tahapan sudah dilaksanakan sejak tahun ini tepatnya Oktober 2017.

Kamis, 28 Februari 2019 PPS Kelurahan Purbalingga Lor bekerjasama dengan POKJA I TP PKK Kelurahan Purbalingga Lor telah melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 di Ruang Sekretariat PKK Kelurahan Purbalingga Lor.

Suyatno Ketua PPS Kelurahan Purbalingga Lor menuturkan “Sosialisasi dilakukan sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu yang akan datang.”

Pada Pemilu 2019 terdapat 5 (lima) kertas suara yang disediakan untuk calon pemilih yaitu :

  1. Warna Abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden dengan ukuran kertas 22×31 cm
  2. Warna Kuning untuk DPR RI dengan ukuran kertas 51×82 cm
  3. Warna Merah untuk DPD RI dengan ukuran kertas 51×82 cm
  4. Warna Biru untuk DPRD Provinsi dengan ukuran kertas 51×82 cm
  5. Warna Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota dengan ukuran kertas 51×82 cm

KERJA BHAKTI KWT WIJI DADI

Dengan semangat dan antusias yang tinggi para MACAN (Mama Cantik) KWT (Kelompok Wanita Tani) Wiji Dadi Kelurahan Purbalingga Lor melaksanakan kerja bhakti DEMPLOT KWT yang terletak di Jalan Dipokusumo Purbalingga Lor Selasa (26/2). Kegiatan diikuti oleh seluruh Pengurus KWT Wiji Dadi.

Setelah melaksanakan kerja bhakti kegiatan dilanjutkan dengan Pertemuan Rutin yang dilaksanakan setiap bulannya. “Kegiatan KWT Wiji Dadi yaitu melaksanakan kerja bhakti, Pemilihan Bibit, Penggemburan tanah, penanaman, penyemaian tanaman, pemberian pupuk dan lain sebagainya kemudian dilanjutkan pertemuan rutin”. Kata Ny. Hj. Siti Alidjah Ketua KWT Wiji Dadi.

KWT (Kelompok Wanita Tani) dibentuk sebagai upaya pelibatan kaum perempuan secara langsung dalam usaha-usaha peningkatan hasil pertanian.